Langsung ke konten utama

Cina tradisional Etika Konfusianisme dan Budaya Bisnis

Kuno Cina memiliki "Konfusius menguasai dunia," mengatakan bahwa ini tentu berlebihan Nilai Praktis etika Konfusianisme dalam Konfusianisme sebagai inti. Namun, etika Konfusianisme sebagai budaya tradisional Cina di terdalam, vitalitas ideologi terkaya, memang ribuan tahun bidang ekonomi, politik dan budaya di Cina memiliki dampak yang luas dan mendalam. Ada banyak momen brilian dari apa yang disebut budaya besar, tapi setelah semua abu dalam sejarah manusia. budaya Konfusianisme tak ada habisnya. Dalam beberapa hal, budaya bisnis Cina tradisional justru warisan budaya dan pembangunan Konfusianisme. 
  
Sebagai "keadilan Konfusianisme pertama" Kebenaran dan perdebatan, budaya bisnis adalah subjek penting di sekolah. Order, norma, dan tanggung jawab sosial, masalah etika Konfusianisme interpersonal, menekankan bahwa orang-orang di outlet hubungan moral mereka yang dianggap tanggung jawab moral, tetapi tidak mengecualikan untuk membuat uang, kaya. Orang sering berdasarkan Mencius 'pria Ersi, mengapa Lee mengatakan, "Dong Zhongshu" nya positif Yi (kebenaran) bukan keuntungan mereka "serta sejumlah pernyataan di Dinasti Song Konfusianisme, ia memutuskan bahwa Konghucu Menilai Loyalitas, termasuk komersial.
Bahkan, "Analects" banyak penulis, seperti "kaya dan mahal, yang juga adalah suara", "tidak adil kaya dan mahal, saya sebagai awan," "Kaya dan dpt diperbaiki juga, meskipun cacat Zhibian, Wu Yi siapa ", dll, adalah utama Zhang Yili baik ekonomi dan etika erat bersama-sama, tetapi juga menekankan prinsip-prinsip etika kehidupan ekonomi, bahwa kepentingan kolektif atas kepentingan pribadi, nilai-nilai spiritual lebih penting dari nilai materi saja .
Setelah Restorasi Meiji, presiden pertama dari First Bank of Japan Shibusawa Eiichi dan tiga burung Nakasu Mikado Kursi mengatakan: "The Analects Konfusius di sempoa, sempoa dalam Analects Konfusius" Frasa ini tepat menggambarkan Etika Konfusianisme dan ekonomi komoditi antara hubungan halus dan mendalam.
Fuli dalam kehidupan ekonomi dan moral tertentu, dan untuk menyediakan lebih tepat untuk pembangunan ekonomi, lebih sesuai dengan masyarakat psikologis persyaratan spesifikasi berarti, dan kehidupan ekonomi tetapi juga mengandung sejumlah prinsip-prinsip moral, dan menyesuaikan hubungan kehidupan moral.Keduanya menyatu dengan satu sama lain dan saling mempromosikan. Ini adalah sejarah China, "yang berarti untuk membuat keuntungan," "tidak utilitarian moral di atas tidak berguna kata-kata kosong telinga" ingin mengatakan pada dasarnya adalah sama.
"Benar, juga harus", yang dioptimalkan untuk mengkoordinasikan berbagai kepentingan "derajat." Adalah inti dari etika Konfusianisme "kebajikan", membentang dari cinta manusia, hubungan, germinal keluar dari saling menghormati dan persahabatan dari jiwa manusia, adalah interpretasi kebajikan Konfusian, kebenaran dalam rangka memfasilitasi interpretasi, dalam tampilan yang menarik dan etika membangun keseimbangan antara mekanisme.
etika Konfusianisme sebagai sumber budaya bisnis, dapat mengatur isi dari penelitian juga. Seperti Konfusianisme konotasi dasar "Manners" dan awalnya dihormati dan upacara pemujaan leluhur, kemudian secara bertahap berevolusi untuk berbasis darah, kelas ditandai dengan norma-norma etika, penetrasi raja, ayah dan anak, suami dan istri, saudara, muda dan tua, teman hubungan sosial lainnya.
Di satu sisi, ia mempertahankan hirarki patriarki feodal, di sisi lain, dalam kehidupan nyata ke dalam kebiasaan, adat istiadat, dan menjadi orang-orang sikap moral yang berlaku potensi kendala. Dari yang terakhir, dengan ekstensi, etika Konfusian pada gilirannya "hadiah" sebagai manusia yang berbeda dari hewan simbol eksternal adalah tanda kemajuan peradaban manusia.
"Mencius di" dalam ayat yang mengatakan: "A Tansu makanan, menuangkan minuman, adalah siswa, maka kematian Vladimir dan Seoul panggilan dengan, dengan cara jalan orang Dover; Seoul dan menendang dengan pengemis. penghinaan juga. "berbagai aktivitas manusia dalam arti, adalah kegiatan budaya, seringkali melampaui sederhana persyaratan fisiologis bertemu dengan makna spiritual. "Call" dan "kick", adalah kasar, perilaku tidak senonoh, dan dengan demikian tidak dapat menjadi anggota masyarakat, bahkan pengemis, pengakuan dan penerimaan.
"Man" adalah bahwa orang pertukaran, bahasa yang umum untuk berkomunikasi.Hari ini advokat dalam layanan kegiatan komersial, kesopanan, pada kenyataannya, berbicara kepada Konfusius "Li" warisan penting.
Sekali lagi, Konfusianisme pendukung "iman" prinsip "dan", atau "teman dari surat", "orang luar pergantian surat itu." Surat, adalah hukum komunikasi interpersonal, tetapi juga hubungan antara lima hubungan manusia, konten yang paling berharga. kegiatan komersial kredit, ekuitas, uang tunai titik pandang, adalah "surat" dari ekspresi. Sebuah surat, Anda dapat saling menghormati, sikap hormat, iman, Anda dapat "dengan permintaan gas," Sesungguhnya, dalam rangka untuk menghubungkan kontak sosial dan hubungan antara jaringan etika yang kuat, dan dengan huruf "pro balik pintu tertutup, membuka pintu ke pro dunia." dan oleh orang tuanya dan bahwa budaya ini dengan kuat idealis pengusaha Cina di luar negeri adalah sangat menonjol.

Komentar