Langsung ke konten utama

Rahasia Cara Bisnis Orang Cina

 RAHASIA CARA BISNIS
ORANG CINA
1. Dunia Bisnis Orang Cina
a.    Jika ingin berhasil dari orang lain, kita tidak punya pilihan kecuali bekerja dengan lebih giat dan rajin.
b.    Jumlah jam kerja antara 16-18 jam per hari
c.    Berdagang sama dengan belajar dan merupakan proses yang berkelanjutan
d.    Tidak seorang pun yang dapat mengatakan “berhenti” pada diri kita
e.    Persepsi orang cina pada perdagangan adalah positif. Dunia dagang adalah dunia yang menjanjikan kesenangan, kemewahan, dan kebahagiaan.
f.      Mereka yang berdagang dianggap sebagai golongan matang dan dewasa, serta menjadi tempat rujukan.
2. Falsafah Bisnis Orang Cina
a.     Sejarah orang cina menunjukkan bahwa kebanyakan dari meraka terlibat dalam pertanian
b.     Para pedagang tidak mendapat tempat yang tinggi, dan menduduki strata sosial yang paling rendah.
c.     Segala kesulitan bagi orang cina adalah suatu kekuatan untuk bangkit, persepsi orang cina bahwa untuk sukses, mereka harus berdagang.
d.     Keberhasilan dan kegagalan bergantung pada sikap, usaha, dan keyakinan
e.     Banyak pedagang gagal karena bersikap hangat-hangat tahi ayam dan sekedar ikut-ikutan
f.       Berdagang dapat dijadikan hobi, tapi bukan untuk mengisi waktu luang
g.     Perdagangan ibarat harga diri yang harus dipertahankan
h.     Pedagang yang jatuh akan merasa sakit, tetapi rasa sakit itulah yang membuatnya bangkit kembali
i.       Tidak ada batas waktu bagi seseorang untuk memulai kegiatan perdagangannya
j.       Keuntungan yang diperoleh seharusnya tidak dibelanjakan, tapi keuntungan tersebut harus digunakan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi
k.     Dalam falsafah orang cina, pedagang tidak boleh mengharapkan keuntungan pada saat baru memulai perdagangannya.
3. Konsep Bisnis Orang Cina
a.  Pedagang sejati tidak takut pada persaingan dan kerugian
b.  Tidak ada rasa iri dan rasa dengki terhadap pedagang lain
c.   Persaingan merupakan kunci kesuksesan dan mengasah keterampilan, produktivitas, kemahiran, kreativitas, dan pemberian banyak pengalaman yang berguna
d.  Konsep perdagangan orang cina lebih berdasarkan pada prinsip simbiosis, yaitu setiap pedagang saling melengkapi
e.  Pedagang musiman bukan saja tidak dapat berkembang, melainkan juga akan menghadapi masalah modal dan ketersediaan dana untuk memulai perdagangan
f.    Harus mempunyai uang recehan untuk kembalian
g.  Jangan mengeluh dihadapan pelanggan apalagi menunjukkan emosi negatif
h.  Pelanggan menginginkan pelayanan yang cepat, fisien, dan cermat
i.     Pedagang cina membolehkan terjadinya tawar menawar. Meskipun proses ini memakan waktu yang lama dan mengurangi keuntungan, hal ini dapat menggembirakan hati pelanggan
j.     Pelanggan adalah raja
4. Prinsip Bisnis Orang Cina
a.    Orang cina bisa berdagang dikampung melayu, tetapi orang melayu belum tentu bisa berdagang dikawasan orang cina
b.    Tidak ada orang yang menjadi kaya dengan mendapat gaji, kecuali bekerja sendiri atau menang lotre
c.    Pedagang harus bisa mengetahui bagaimana membedakan antara urusan pribadi dan kegiatan perdagangan. Keduanya tidak boleh dicampur adukkan
d.    Dalam kegiatan perdagangan, tidak ada konsep kompromi dan bertenggang rasa terutama jika berkenaan dengan barang, untung, dan rugi
e.    Uang harus jadi uang, bukannya menimbun utang dan beban
f.      Peluang hanya datang sekali dan tidak untuk kedua kalinya, sehingga jangan banyak menunggu untuk mengambil peluang tersebut
g.    Waktu adalah uang dan melepaskannya berarti membuang keuntungan serta menolak kekayaan
h.    Berdagang adalah suatu kegiatan yang penuh dengan resiko. Orang yang berani harus berani mencoba, membuka, dan memajukan kegiatan perdagangannya
i.      “Biar kalah tetapi jangan gagal”
j.      Harus mempunyai jiwa dan mental yang kukuh untuk menghadapi bentuk tekanan apapun. Bagi orang cina, untuk berhasil, seseorang harus mengalami rasa sakit, kesusahan, dan juga penderitaan terlebih dahulu.
k.    Tidak mudah menyerah pada nasib.
l.      Pedagang harus bersikap terbuka dan berlapang dada apabila berhadapan dengan situasi yang sulit, setelah itu barulah bisa mencari jalan keluarnya.
m.  Sekedar pintar berdagang tidak memberikan hasil yang maksimal. Harus didukung dengan sikap agresif, berani, tahan banting, semangat, dan rela berjuang untuk merebut segala peluang yang ada.
5. Budaya Bisnis Orang Cina
a.    Ketekunan merupakan salah satu faktor keberhasilan orang cina dalam kegiatan perdagangan
b.    Ketika orang lain sedang tidur nyenyak dininabobokkan mimpi indah, orang cina sudah keluar untuk bekerja dan mencari rezeki
c.    Orang cina rela bangun dini hari dan terus bekerja sampai malam hari
d.    Bagi orang cina, hidup adalah untuk makan dan untuk mendapatkan makanan, mereka harus bekerja
e.    Orang cina akan mengerjakan apa yang mereka katakan
f.      Jika berhasil dalam berdagang, mereka menganggap hanyalah bonus bagi mereka
g.    Apabila orang cina mengatakan akan berdagang, mereka biasanya tidak akan berfikir panjang untuk melakukannya. Pengalaman dan kemahiran tidak penting karena hal itu dapat dipelajari kemudian
h.    Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangatnya untuk tetap berjuang. Sebaliknya, akan membuatnya lebih gigih. Kegagalan kedua dijadikannya pelajaran. Kegagalan ketiga menjadikannya lebih bijak. Kegagalan berikutnya menguji kesabaran dan ketabahannya
i.      Menjadi satu kesalahan besar jika perdagangan dijadikan sebagai alat untuk cepat kaya tanpa menghiraukan tanggung jawab sosial yang harus dilaksanakan
j.      Apabila melibatkan diri dalam kegiatan perdagangan, kita harus menetapkan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang
k.    Budaya dagang orang cina mengutamakan hal penting seperti “ siapa cepat dia dapat “
6. Sistem Bisnis Orang Cina
a.  Sistem orang cina adalah perdagangan yang berorientasi pada para pelanggannya
b.  Orang cina mengizinkan para pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan dari pemilik tempat
c.   Orang cina lebih suka fokus pada satu perdagangan saja sebelum mengembangkannya pada kegiatan perdagangan lainnya
d.  Pelanggan tetap diberikan kebebasan dan pelayanan yang istimewa dalam mendapatkan layanan yang ada. Pelanggan baru diiming-imingi dengan potongan harga dan kemudahan kredit
e.  Para pekerja juga akan menikmati untung dari perdagangan orang cina, seperti pemberian bonus pada akhir tahun atau pada tahun baru
7. Seni Bisnis Orang Cina
a.      Dunia dagang penuh dengan persaingan keras dengan berbagai macam cara. Oleh karenanya, pedagang harus mempersiapkan dirinya dengan seni bela diri perdagangan untuk menghadapi serangan dalam bentuk apa pun dan kemungkinan yang akan datang
b.      Seni berdagang memerlukan kecermatan yang teliti dan tidak cukup jika kita mempelajari teorinya saja. Berdagang perlu praktik dan menuntut seseorang senantiasa bersikap fleksibel.
c.      Seni berdagang orang cina mengutamakan prinsip win-win ( pedagang dan pembeli sama-sama untung dan tidak ada yang dirugikan)
d.      Pedagang harus bersikap rajin bekerja, ramah, dan menjadikan pelanggan mereka sebagai saudara atau paling tidak sebagai sahabat dekat
e.      Pedagang tidak boleh menjadi pengikut, tetapi harus berusaha menjadi pemimpin dalam bidangnya
f.        Pedagang harus mempunyai daya tahan, mental, dan jiwa yang kuat
g.      Pedagang harusnya mendapat banyak kawan, bukannya musuh atau lawan
8. Cara Bisnis Orang Cina
a.  Tanpa mengalami kerugian, keuntungan tidak mungkin datang
b.  Bagi orang cina, lebih baik menggaji orang yang sudah mereka kenal dan memiliki pertalian saudara dari pada mengambil orang lain
c.   Pekerja harus diperlakukan secara adil untuk memastikan mereka tidak berubah hati
d.  Kemampuan dalam menejemen perdagangan tidak akan menjamin adanya keuntungan, jika tidak disertai dengan kemampuan dalam mengurus sumber daya manusianya
e.  Pedagang tidak seharusnya sok pintar, tetapi harus senantiasa menghormati pelanggan setiap waktu
f.    Image pedagang yang baik adalah yang mampu memenuhi segala permintaan dan harapan pelanggannya
g.  Orang cina akan merasa rendah diri jika mereka gagal hidup mandiri dan hanya mendapat gaji sepanjang hidupnya. Selagi seseorang itu bekerja dengan mendapat gaji, selama itulah dia tidak bisa menjadi kaya dan meningkatkan kedudukan sosialnya
h.  Orang cina jarang memandang rendah kepada mereka yang gagal dalam perdagangan karena hal itu dianggap sebagai langkah awal untuk menuju kesuksesan
i.     Tujuan utama orang cina menjalani perdagangan adalah ingin membentuk fondasi keuangan yang lebih kukuh dan aman sebagai jaminan bagi kehidupan keluarga dan masa depannya
j.     Pedagang harus hidup secara sederhana, jangan suka pamer karena itu adalah sikap yang tidak menguntungkan
9. Etika Bisnis Orang Cina
a.    Kerugian jangka pendek merupakan jalan yang dilalui untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang
b.    Pedagang cina mempunyai kode etik yang melarang penggunaan cara-cara kotor, menjatuhkan perdagangan orang lain adalah perbuatan yang terkutuk
c.    Orang cina tidak menganjurkan perdagangan barang yang sama antara pedagang lainnya
d.    Bagi masyarakat cina, pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekan kegiatan perdagangan orang lain. Persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan. Pedagang yang tidak patuh dan tidak berpegang pada etika ini akan dikenakan hukuman
e.    Pedagang tidak boleh terlalu kaku. Namun sebaliknya, perlu memperbolehkan proses tawar-menawar
f.      Orang cina rela bertenggang rasa, berkompromi, dan bertoleransi serta tidak berburuk sangka
g.    Pedagang cina selalu bersikap serius dengan kata-kata janji
10. Rahasia Bisnis Orang Cina
a.    Meskipun kasih sayang dan sikap patuh tidak dapat dinilai dengan uang, kekayaan akan dapat memberikan kebahagiaan dan meningkatkan status sosial keluarga dalam masyarakat
b.    Beberapa faktor yang mendorong keberhasilan orang cina adalah kemiskinan, perasaan kurang aman. Survival (kemampuan bertahan hidup) ditempat orang, tidak ada pilihan, dan ajaran falsafah yang didapat sejak kecil
c.    Tidak ada magic dalam keberhasilan perdagangan orang cina
d.    Dalam sosialisasi orang cina. Anak laki-laki adalah ahli waris keturunan. Salah satu cara menunjukkan penghormatan kepada kedua orang tua dan mengangkat martabat keluarga adalah menjadi kaya. Cara satu-satunya menjadi kaya adalah melalui perdagangan
e.    Kekuatan yang memotivasi dan mendorong orang cina untuk berkecimpung dalam kegiatan perdagangan adalah ajaran konfusianisme (mengutamakan ketaatan kepada ibu bapak dan penghormatan kepada orang yang lebih tua)
f.      Uang tidak pernah dijadikan sebagai penghalang. Asal ada kemauan, disitu pasti ada jalan. Yang penting, kita harus berusaha, tabah, dan sanggup menderita untuk hidup susah
g.    Orang cina tidak suka mendapat gaji. Orang cina dianjurkan berdagang meskipun hanya kecil-kecilan
h.    Rahasia kesuksesan orang cina adalah karena tidak membatasi diri dalam menggeluti bidang perdagangan
a.    11. Petuah Bisnis Orang Cina
a.     Petuah untuk berhasil dalam bidang perdagangan adalah menjadi pedagang yang dapat dipercaya, mudah kalau berurusan, dan tidak banyak bicara
b.     Untuk menjadi pedagang yang berhasil, mereka harus dapat memberikan dan mendapatkan keyakinan dari para pelanggannya
c.     Menjadi pedagang yang berhasil, harus dapat memberikan dan mendapatkan keyakinan dari para pelanggan
d.     Pedagang harus bersikap bersahabat, peduli, dan mempunyai ingatan yang kuat kepada pelanggan, seperti nama, pekerjaan, tempat tinggal serta wataknya
e.     Para pedagang cina sangat mementingkan pelayanan kepada pelanggannya
f.       Pedagang cina tidak takut dan tidak pelit untuk mengeluarkan sedikit biaya asal mereka dapat “menangkap” dan memikat hati pelanggan
g.     Para pedagang cina mementingkan konsep kepercayaan
12. Keberhasilan Bisnis Orang Cina
a.  Kesabaran itu memang pahit, tapi buahnya sangat manis
b.  Kegagalan dapat menjadi guru yang baik untuk mereka yang ingin berdagang
c.   Tekad yang kuat sangat membedakan pedagang yang sukses dengan pedagang yang sedang-sedang saja
d.  Jika ketekunan digabungkan dengan tekad yang kuat dan diperkuat dengan kesabaran, niscaya akan menjadi aset yang cukup berharga bagi siapa saja yang ingin melibatkan dirinya dalam perdagangan.
e.  Dalam masyarakat cina, tidak ada konsep perdagangan yang dianggap biasa-biasa atau tingkat rendah
f.    Orang cina cenderung memilih berdagang karena bidang ini tidak dibatasi oleh ruang, waktu, dan tempat. Selain bebas, kegiatan perdagangan juga menyediakan ruang yang luas bagi seseorang untuk mengembangkan kemampuannya
13. Bakat Bisnis Orang Cina
a.  Dimana ada air, disitu ada orang cina
b.  Orang cina bisa membuka restoran dinegara kenya dan menjalankan perdagangan ritel di papua nugini yang sebagian besar penduduknya masih primitif
c.   Dimanapun orang cina berada, mereka akan menguasai ekonomi
d.  Yang dikatakan bakat dagang pada orang cina sebenarnya adalah dorongan yang menggerakkan mereka agar terjun dalam kegiatan perdagangan
e.  Beberapa ciri yang menunjukkan seseorang itu memiliki bakat berdagang : mukanya bulat dan manis dipandang, badan berisi, dahi cerah dan luas serta begitu bergairah terhadap uang
f.    Maju mundurnya sebuah perdagangan selalu dijadikan indikator oleh orang cina untuk menunjukkan apakah seseorang itu berbakat atau tidak dalam perdagangan
14. Kepandaian Bisnis Orang Cina
a.       Emas yang tersembunyi hanya dapat dikeluarkan jika seseorang itu berusaha mencari dan menggalinya
b.       Usahawan dan pedagang sejati tidak pernah menjadikan tempat sebagai alasan untuk tidak berdagang
c.       Orang cina mengibaratkan perdagangan seperti pertambangan emas yang terbentang luas
d.       Pedagang harus senantiasa mencari dan menggali
e.       Dalam bidang perdagangan tidak ada istilah rasa sakit, yang ada adalah bangkit dan jangan takut pada sesuatu yang pahit rasanya
f.         Pedagang tidak boleh mengerjakan pekerjaan setengah jalan, tetapi harus selesai dan tuntas serta menjadi sukses
g.       Tidak ada kata gagal, hanya belum berhasil
h.       Orang cina tidak suka mencari-cari alasan. Mereka berusaha menghilangkan alasan apapun dan menjauhkan diri dari pendapat-pendapat yang tidak membantu mereka
i.         Orang cina tidak punya waktu untuk memikirkan alasan
j.         Pandai atau tidaknya seorang pedagang hanya dapat diketahui setelah dia berhasil mengatasi segala rintangan yang dihadapi dalam perdagangan yang berisiko tinggi
15. Psikologi Bisnis Orang Cina
a.   Sekali melangkah, mereka akan terus melangkah. Tidak ada kata mundur
b.   Orang cina percaya, nasib buruk dapat diubah. Sial dan malang dapat dibuang dan digantikan dengan nasib yang baik
c.    Beberapa aspek yang harus dipertimbangkan sebelum melangkah ke dunia perdagangan adalah waktu yang sesuai, lokasi yang strategis, dan keberuntungan
d.   Pemikiran dan pemahaman secara psikologi orang cina dipengaruhi oleh alam sekitarnya. Alam dapat dikatakan memegang peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan seseorang dalam perdagangan
e.   Keyakinan dan kepercayaan merupakan aspek penting dalam pemahaman secara psikologi yang dimiliki oleh para pedagang cina
16. Pemikiran Bisnis Orang Cina
a.   Masalah adalah batu loncatan dan bukan penghalang untuk sebuah keberhasilan
b.   Bagi orang cina, sebagian pedagang tidak harus cerdik dan memiliki otak yang cerdas. Yang diperlukan adalah keberanian menghadapi tantangan apa pun yang datang menghadang
c.    Harus bisa memikirkan ide-ide dan peluang baru dalam perdagangan
d.   Orang cina berfikir bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini bisa menghasilkan uang
e.   Penting bagi pedagang untuk memiliki pemikiran yang dinamis karena dapat membantu mereka melihat dunia perdagangan secara menyeluruh dan tidak terbatas dalam lingkungan sekitar saja
f.     Kedinamisan dalam masyarakat cina berkaitan erat dengan cara berfikir pedagang cina yang fleksibel. Orang cina mudah beradaptasi menyesuaikan dengan perubahan iklim ekonomi dan perilaku pasar
g.   Orang cina selalu berfikir kedepan dan jarang sekali menoleh kebelakang
17. Cara Bisnis Orang Cina
a. Semakin besar angpau yang diberikan, semakin banyak keuntungan yang akan masuk
b. Pedagang cina biasanya tutup buku pada setiap akhir tahun. Suatu perdagangan dikatakan berhasil jika pada akhir tahun itu mencatat keuntungan. Para pedagang cina akan menyelesaikan utang tiga hari menjelang tahun baru
c. Pedagang tidak boleh mengatakan sesuatu yang tidak baik ketika memulai babak baru perdagangannya
d. Untuk mendapatkan ikan yang besar, kita harus menyediakan umpan dan alat yang baik
e. Tempat dalam berdagang harus mudah untuk didatangi, dihubungi, dan dicari
f. Warna memainkan peranan yang penting dalam membantu memajukan perdagang mereka. Sebab itu, orang cina suka memilih warna terang dan cerah sebagai latar belakang tempat perdagangan mereka
g. Lokasi perdagangan yang dianggap baik adalah yang memiliki kemudahan memarkir kendaraan, pengangkutan umum, dan tidak jauh dari pusat administrasi pemerintah
h. Impian tinggal impian jika pedagang terus bertahan di batas bawah dan tidak mau melakukan perubahan paradigma pada sikap dan tindakan
i. Orang cina merealisasikan impiannya dengan menyusun strategi bagaimana untuk memperbaiki kedudukan dan masa depannya
j. Resiko dan kerugian dalam perdagangan dapat diperkecil jika pedagang memiliki strategi menggunakan modal kerja dengan tertib
k. Pedagang tidak boleh mengikuti apa yang ada dalam kepalanya saja, sebaliknya mereka harus mengikuti perilaku, minat, dan kecenderungan orang banyak serta tren pasar
l. Ikatan yang kuat memungkinkan mereka memonopoli setiap aspek perdagangan yang berkaitan dengan bidang ritel
m. Dominasi orang cina dalam perdagangan ritel sulit untuk ditandingi karena mereka sudah membentuk satu jaringan dan asosiasi perdagangan yang mantap
n.    Para pedagang cina lebih suka mencari titik temu daripada membesar-besarkan perbedaan yang ada diantara mereka
a.  Pengalaman dan rasa kurang aman menjadi salah satu pendorong utama keberhasilan orang cina dalam perdagangan
o.    Konsep berdagang orang cina adalah bekerja sendiri. Dengan bekerja sendiri, seseorang dapat mengembangkan bakat dan kemampuannya
p.    Pedagang harus memiliki daya tahan dan semangat juang yang tinggi. Mereka tidak mudah takluk pada keadaan, tetapi berusaha membuat keadaan takluk dan tunduk pada kehendak mereka
q.    Modal bukan penentu utama untuk berhasil atau tidaknya sebuah perdagangan. Kadang kala modal yang sedikit diiringi dengan pengetahuan seluk-beluk perdagangan yang mantap dapat membuat pedagang berhasil
r.     Ciri-ciri pedagang cina :
·       Sabar
·       Tidak mudah putus asa
·       Pandai merebut peluang
·       Memiliki kehumasan yang baik
·       Berpegang pada janji
·       Berusaha meyakinkan pelanggan selama menjalankan usaha dagang
·       Memiliki daya tahan yang dan semangat juang yang tinggi
·       Tidak suka menunggu karena peluang tidak pernah menunggu mereka
s.    Tidak menjadi masalah jika pedagang tidak pandai membaca dan menulis, yang penting bisa menghitung dan mengurus uang
t.      Mereka yang sudah memiliki tekad untuk berdagang tidak perlu membuang waktu membuat perencanaan yang rapi, memikirkan resiko, dam mempertimbangkan untung rugi. Yang perlu adalah tindakan nyata setelah memikirkan strategi dagang yang terbaik
u.    Keberhasilan orang cina bukan disebabkan karena keahlian mereka dalam bidang perdagangan melainkan hasil kerja keras, kesunguhan, keberanian, keyakinan, perencanaan, keringat dan air mata serta pengorbanan yang turut melibatkan seluruh anggota keluarga
v.    Orang cina rela menebalkan muka, menahan caci maki orang, dan hidup sederhana
w.   Agar keuntungan terus bertambah, sebagian dari keuntungan harus disalurkan kepada mereka yang memerlukan
x.    Dalam perdagangan, ada waktunya muncul dan tenggelam. Jika tenggelam, harus muncul kembali, jika jatuh harus bangun dengan kekuatan baru
18. Tips Bisnis Orang Cina
a.   Pedagang harus menunjukkan kejujuran dan keikhlasan selagi melaksanakan urusan dagang
b.   Pedagang harus mewujudkan kepercayaan dan ikatan yang akrab dengan pelanggan, tidak peduli apakah pelanggan itu pelanggan besar atau kecil dan pelanggan tetap atau baru
c.   Pedagang harus melayani para pelanggannya dengan baik karena mereka adalah bagian penting dari perdagangan
d.   Pedagang harus menuruti dan mengikuti permintaan pelanggan
e.   Pedagang harus selalu bermuka manis dan murah senyum
f.     Pedagang tidak boleh marah bahkan membentak pelanggan
g.   Pedagang harus siap memberikan pelayanan tambahan dalam konteks perdagangan ritel, mengantar barang ke rumah pelanggan
h.   Pedagang tidak boleh ragu-ragu menjawab segala pertanyaan yang banyak
i.     Pedagang harus menunjukkan bahwa beliau merupakan seseorang yang serbatahu terutama dalam bidang yang berkaitan dengan perdagangannya
j.     Pedagang harus menjadikan para pelanggan sebagai sahabat, bukannya pembeli yang datang dan pergi
k.   Pedagang harus bangun pagi-pagi sekali dan membuka perdagangannya secepat mungkin
l.     Pedagang harus memberikan pelayanan yang cepat dan gesit serta jangan membiarkan pelanggan menunggu
m. Pedagang tidak boleh bersikap suka berperasangka atau menghakimi para pelanggan dan orang lain
n.   Pedagang harus selalu berfikiran terbuka dan positif
a.  Pedagang harus menunjukkan kepada pelanggan bahwa dia selalu sibuk
o.   Pedagang tidak boleh tidur sewaktu menjalankan tugas dagang
p.   Pedagang harus berusaha menciptakan suasana ceria, bukannya menimbulkan kebosanan
q.   Pedagang harus memberikan kebebasan kepada pelangan untuk membuat pilihan
r.    Pedagang harus membuat pelanggan merasa bahwa kehadirannya dielu-elukan
s.   Pedagang tidak boleh berkata “ TIDAK” kepada pelanggan
t.     Pedagang harus menyediakan uang receh sebagai uang kembalian bagi pelanggan
u.   Pedagang tidak boleh menunjukkan kemewahannya di depan pelanggan karena image bukan datang dari perhiasan, melainkan pelayanan yang diberikan
v.   Pedagang jangan sekali-kali makan di depan pelanggan karena dianggap sebagai perbuatan yang tidak sopan
w.  Pedagang harus menempel pengumuman jika tempatnya ditutup sementara waktu
x.   Pedagang harus menyimpan cadangan dan stok barang supaya tidak terjadi kekurangan
y.   Pedagang tidak boleh menipu karena kepercayaan menjadi dasar utama dalam perdagangan.

Komentar